728x90 AdSpace

ipontianak. Diberdayakan oleh Blogger.

Damayanti : Fitur Bahasa dalam Apple Device

Makemac.com
Anda seharusnya mengenal fitur iOS yang bernama SIRI. Namun tahukah Anda bahwa sebenarnya fitur voice/speech sudah sejak lama ada di iOS maupun Mac OSX. Memang tidak semewah yang bisa dilakukan Siri yaitu membaca perintah melalui ucapan Anda. Tapi setidaknya bisa berguna di beberapa kondisi.

Sebenarnya Apple sudah memiliki voice/speech versi Indonesia, yaitu Damayanti. Anda bisa meminta bantuan Damayanti untuk membaca tulisan. Misalnya ketika Anda sedang makan, tentu sulit makan sambil membaca. Anda bisa highlight artikel dan meminta dibacakan oleh Damayanti. Maka dengan satu perintah saja, Damayanti bisa membacakan artikel tersebut.

Damayanti tidak hadir secara default, Anda harus download paket speech terlebih dahulu dengan mengakses : System Preferences > Speech > Text to Speech > System Voice > Customize

Cek Damayanti, maka Anda akan diminta download file speech Damayanti yang berukuran sekitar ±500MB. Setelah selesai download, maka Anda bisa menggunakan System Voice Damayanti.

Cobalah membuka satu website dengan tulisan dalam Bahasa Indonesia. Damayanti dirancang untuk membaca dalam Bahasa Indonesia, maka sebaiknya gunakan Damayanti untuk membaca konten Bahasa Indonesia. Damayanti bisa membaca tulisan berbahasa Inggris, namun akan terdengar kurang baik. Higlight tulisan yang ingin dibacakan oleh Damayanti, lalu tekan tombol OPTION+ESC agar Damayanti membacanya.

Sebaiknya jangan gunakan fitur ini di tempat umum ya, karena Anda akan dibilang Freak, bukan Geek. Fitur ini menarik digunakan misalnya ketika Anda sedang berada di rumah, sambil makan, sambil mandi, dan sambil apa saja ketika sedang malas membaca. Mungkin bisa juga membantu Anda tidur dengan membacakan buku pelajaran sekolah? Untuk orang tua yang malas membaca buku dongeng untuk anaknya, mungkin fitur speech ini bisa berguna kali.

Dengan adanya Damayanti ini, saya yakin Apple siap meluncurkan Siri berbahasa Indonesia nantinya. Kita tunggu saja tanggal mainnya!



sumber : www.makemac.com
Damayanti : Fitur Bahasa dalam Apple Device Reviewed by Unknown on 3/18/2012 Rating: 5 Makemac.com Anda seharusnya mengenal fitur iOS yang bernama SIRI. Namun tahukah Anda bahwa sebenarnya fitur voice/speech sudah sejak lama a...

Tidak ada komentar: